Widget HTML Atas

.

Pelajaran Sejarah Bantu Siswa Peduli Perjuangan Pahlawan

Pendidikan berperan dalam menumbuhkan pengetahuan siswa terhadap pahlawan dan perjuangan bangsa. Salah satunya, yakni melalui pelajaran sejarah di sekolah.
"Menghafal nama pahlawan itu harus, dan itu bisa lewat pendidikan di sekolah," ujar Akademisi sekaligus Guru Besar dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof Said Hamid Hasan kepada Okezone, baru-baru ini.

Kendati demikian, Hamid berpendapat, peran pelajaran sejarah bisa diperluas melalui kreativitas guru. Sehingga, siswa tak sekadar hafal tetapi juga tahu bagaimana pemikiran pejuang di masa itu.
"Contoh, saat Sutomo melawan Belanda apa saja yang dipikirkan, apakah ada pandangan dan maksud lain. Kemudian biarkan siswa menggali dengan pemikiran dan kemampuannya," terangnya.

Hamid menegaskan, guru dalam mendampingi anak belajar sejarah harus memastikan bahwa kronologis peristiwanya benar. Sedangkan terkait menganalisis suatu kejadian, biarkan siswa mencari sendiri.
"Yang penting kronologisnya benar, tetapi bagaimana siswa meramu informasi itu terserah mereka. Dengan begitu kepedulian terhadap pahlawan akan tumbuh di diri mereka masing-masing," tukasnya.

Sumber: okezone.com
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!