Widget HTML Atas

.

Contoh Soal Meringkas Isi Teks

Indikator Soal : Disajikan sebuah teks, siswa dapat meringkas isi teks tersebut.

SOAL 1:
Masker wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri.
Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.

Ringkasan teks tersebut adalah...
A. Masker membuat kulit wajah berseri.
B. Fungsi masker dan penggunaannya.
C. Gunakan masker sesuai dengan kulit.
D. Masker lumpur mengurangi lemak.

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Ringkasan adalah bentuk ringkas dari sebuah paragraf/wacana, tetapi tetap memuat informasi penting dari paragraf tersebut. Dengan merangkaikan makna kalimat-kalimat dalam paragraf, kemudian disusun dalam sebuah kalimat sederhana jadilah sebuah ringkasan. Urutan ringkasan bacaan mengikuti pola aslinya. Untuk membuat ringkasan, dapat kita lakukan dengan menarik gagasan-gagasan pokok dari setiap paragraf.

Kata kunci : masker memiliki banyak fungsi (paragraf pertama)…menggunakan masker wajah (paragraf kedua)…

Soal 2:
Pemimpin adalah sosok yang menjadi panutan. Dia akan menentukan merah hitamnya wilayah yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pemimpin yang baik sangat diperlukan.

Seorang pemimpin yang baik ditandai oleh dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu diwujudkan dalam sikap bijaksana, jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tanpa pamrih.

Ringkasan teks tersebut adalah ...
A. Keberadaan sosok pimpinan baik sangat diperlukan.
B. Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.
C. Pemimpin menentukan hitam merahnya wilayah yang dipimpin.
D. Jiwa pemimpin harus tampak dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Penyajian singkat dari suatu tulisan. Meringkas dapat dilakukan dengan cara menggabungkan gagasan-gagasan dari tiap paragraf menjadi satu kalimat. Gagasan utama paragraf I : pemimpin sebagai panutan; gagasan utama paragraf II: pemimpin memiliki jiwa kepemimpinan. Kedua gagasan digabung menjadi: Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.

Post a Comment for "Contoh Soal Meringkas Isi Teks"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!