Widget HTML Atas

.

Contoh Soal Menentukan Latar Belakang Karya Tulis Ilmiah

Indikator Soal : Disajikan identifikasi masalah karya ilmiah, siswa dapat menentukan paragraf latar belakang masalah yang tepat berdasarkan identifikasi masalah tersebut.

Soal :
Identifikasi masalah:
1. Apakah limbah kemasan plastik dapat dimanfaatkan?
2. Bagaimana pengelolaan limbah kemasan plastik menjadi bermanfaat?

Latar belakang karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi masalah tersebut adalah ...
A. Limbah kemasan plastik selama ini menjadi masalah. Limbah plastik itu ternyata dapat menjadi sumber tambahan pendapatan bagi keluarga. Limbah plastik dapat bermanfaat jika dikelola dengan cara daur ulang.
B. Limbah plastik yang diolah dengan baik dapat menambah pendapatan bagi keluarga. Oleh sebab itu, mari kita manfaatkan supaya memberi keuntungan bagi kehidupan masyarakat yang semakin sulit.
C. Plastik selama ini memang menjadi masalah karena tidak bisa berurai dengan tanah seperti halnya sampah daun dan sampah makanan. Limbah kemasan plastik ini selamanya akan tetap menjadi masalah bagi kita.
D. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata limbah kemasan plastik dapat menambah pendapatan keluarga. Limbah plastik yang bermasalah akhirnya dapat dicarikan solusinya. Mari kita mulai memanfaatkan limbah kemasan plastik.

Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Latar belakang dalam karya ilmiah merupakan persoalan yang melatarbelakangi dibahasnya suatu persoalan . Pilihan B berisi kesimpulan pembahasan, pilihan C dan D mengemukakan pembahasan (isi),

Indikator Soal :
Disajikan identifikasi masalah karya ilmiah, siswa dapat menentukan paragraf latar belakang berdasarkan identifikasi masalah karya ilmiah tersebut

SOAL :
Identifikasi masalah:
1. Apakah sampah dapat dimanfaatkan?
2. Bagaimana pengelolaan sampah agar bermanfaat?

Latar belakang karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi masalah tersebut adalah …
A. Sampah selama ini dianggap sesuatu yang menjijikkan. Jika dikelola dengan baik, sampah akan bermanfaat bagi manusia. Bagaimana mengelola sampah agar bermanfaat? Hal itu yang akan diteliti dalam karya ilmiah ini.
B. Sampah yang dikelola dengan baik menjadi salah satu alternatif pengganti minyak bumi yang kian menipis. Mari kita manfaatkan sampah di sekeliling kita sebaik-baiknya. Karena sampah jika dikelola dengan baik akan memberi keuntungan.
C. Sampah dibedakan menjadi dua. Sampah basah dan sampah kering. Sampah basah adalah sampah yang berasal dari limbah rumah tangga. Sedangkan contoh sampah kering adalah sampah yang berupa plastik, kertas, dan bekas kemasan.
D. Berdasarkan hasil penelitian, sampah yang selama ini dianggap menjijikkan ternyata dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar pengganti minyak tanah. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan dan kelola sampah secara maksimal dan profesional.

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Latar belakang adalah jawaban pertanyaan “apa yang melatarbelakangi” sehingga masalah tersebut dijadikan topik penelitian atau pembahasan. Pada latar belakang dicantumkan pula alasan yang mendukung topik atau data yang ingin dijadikan karya ilmiah.
Kata kunci : apa yang melatarbelakangi… masalah karya ilmiah tersebut

Cermati identifikasi masalah berikut:
1). Apakah hakikat koperasi?
2). Bagaimanakah peran koperasi dalam meningkatkan ekonomi petani?
Latar belakang karya ilmiah yang tepat berdasarkan identifikasi masalah tersebut adalah . . . .
a. Koperasi adalah kumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama. Mereka berkumpul untuk berusaha dengan tujuan kemakmuran bersama. Terutama bagi anggota koperasi.
b. Koperasi sudah marak di mana-mana. Terutama di kota besar, karena koperasi itu mudah berkumpul untuk mencapai kesejahteraan yang sama bagi anggota koperasi.
c. Dalam dunia perekonomian di masyarakat koperasi sangat dominan, terutama di daerah pedesaan. Koperasi sangat dekat dengan kehidupan petani. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin meneliti bagaimana peran koperasi terhadap peniongkatan ekonomi petani.
d. Penulis tertarik meneliti koperasi karena orangtua penulis adalah ketua koperasi di tempat kami tinggal. Tentunya hal tersebut akan mempermudah kami mengerjakan karya tulis ini.

Tata cara menyusun daftar pustaka, klik di SINI

Post a Comment for "Contoh Soal Menentukan Latar Belakang Karya Tulis Ilmiah"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!